Resep Masakan Enak dari Seluruh Resep Masakan Indonesia dan Berbagai Macam Resep Makanan

 

Resep Kue Ku Merah


Warna merah yang cantik adalah ciri khas dari Kue Ku. Tekstur yang kenyal dan lengket khas dari kue berbahan dasar ketan juga dirasakan pada kue ini. Dengan Isian kacang hijau membuat rasa kue ini semakin sedap disantap. Selamat mencoba :)

Bahan Kulit :
300 gram tepung ketan
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
100 gram gula pasir
1/2 sdt pewarna merah

Bahan Isi:
300 gram kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
125 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng untuk olesan


Cara membuat:

  • Isi: Kukus kacang hijau hingga empuk, haluskan. Rebus kacang hijau dengan santan, gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk. Angkat, dinginkan.
  • Kulit: campur tepung ketan dengan gula pasir, aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni. Tambahkan pewarna, aduk lagi hingga rata, sisihkan.
  • Penyelesaian: ambil 1 sdm adonan kulit, bentuk bulat dan pipihkan. Isi dengan 1/2 sdm bahan isi yang telha dibentuk bulat. Bungkus isi dengan adonan kulit bentuk bulat pipih.
  • Siapkan cetakan kue ku yang telah ditaburi dengan teung ketan. Masukkan adonan yang telah diisi kemudian tekan-tekan. keluarkan dari cetakan, alasi dengan daun pisang. lakukan terus hingga adonan habis.
  • Kukus selama kurang lebih 20 menit sambil sesekali tutup kukusan dibuka tutup agar bentuk tetap bagus. Setelah matang olesi permukaan kue dengan minyak. Atur diatas piring saji dan hidangkan. 

Powered by Blogger.

Arsip Blog